Jumat, 22 Agustus 2014

HerbalWamena.com tidak menjual sarang semut

Kami tidak lagi menjual sarang semut, karena Agro Herbal Husada hanya memproduksi minyak buah merah, kami harapkan dengan demikian akan lebih fokus dan bisa memberikan pelayanan dengan lebih baik kepada pelanggan.


Sarang semut memiliki tingkatan dalam kualitas, ada sarang semut yang berada di bawah (di tanah) dan ada pula sarang semut yang berada di atas pohon. Keduanya sangat mudah didapatkan di hutan, hanya dengan mengambil saja tanpa perawatan.

Pengambilan sarang semut dilakukan oleh masyarakat asli papua, karena itu monitoring kualitasnya menjadi lebih sulit. terlebih jika  sudah kering dan dipotong-potong lebih sulit untuk membedakan mana yang berkualitas tinggi dan mana yang berada di bawahnya.

Sarang semut antar daerah yang satu dengan daerah yang lain juga kualitasnya beda. sarang semut yang bagus berasal dari hutan di lanny jaya dan yang ada di atas pohon, bukan diatas tanah. Produksi lokal baik berupa kopi, sayur, padi, dan termasuk sarang semut sekarang jauh menurun daripada beberapa tahun silam. bahkan untuk kopi arabika dari wamena yang dulu sangat terkenal sekarang produksinya menurun drastis dan pohon kopi sudah seperti hutan yang lebih tinggi sehingga sulit dipanen.

Sedangkan untuk Buah Merah, Tanaman ini memang dibiarkan liar dengan musim buah sekitar bulan Desember hingga Februari. Pada musim panen buah merah,  buah ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional dengan harga yang cukup tinggi sesuai dengan permintaan dan penawaran. Pemanenan yang mudah, Buah yang besar dan harga yang mahal membuat penjual buah merah selalu ada di pasaran tradisional.

Saat panen buah merah inilah para produsen buah merah akan berburu buah merah dan langsung memproduksi menjadi minyak buah merah. Buah ini termasuk buah yang mudah busuk sehingga harus cepat diolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar