Minggu, 28 Juli 2013

Buah Merah

Buah Merah adalah buah dari pohon sejenis pandan besar yang tumbuh di papua. Buahnya memang berwarna merah dengan ukuran diameter sekitar 15 cm dan panjang 60 cm.
Pohon Buah merah banyak tumbuh di pegunungan tengah papua. Buah merah yang dihasilkan di pegunungan papua lebih direkomendasikan daripada yang di daerah pesisir. Buah merah seringkali dikonsumsi oleh penduduk yang ada di pegunungan jayawijaya. dan memang penduduk papua pegunungan memiliki postur tubuh yang lebih kekar daripada penduduk pesisir. Mereka juga tidak diketahui memiliki penyakit kronis seperti diabetes, kanker, tumor, stroke meskipun usianya sudah tua.

Hal inilah yang membuat ahli gizi dari universitas cendrawasih meneliti makanan yang dikonsumsi orang pegunungan terutama buah merah. Setelah diteliti memang buah merah memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sejak itu pengolahan buah merah mulai dikembangkan dan sari buah merah mulai dikenal hingga luar papua sebagai jamu yang manjur.

Buah merah merupakan obat dari banyak penyakit berat seperti kanker, stroke, AIDS, dan tekanan darah tinggi. Buah merah adalah obat untuk tekanan darah tinggi, karena itu obat ini jangan dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah rendah. Inilah satu efek samping dari buah merah yang diketahui hingga hari ini, karena penelitian tuntas tentang buah merah sampai hari ini masih belum ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar