Selasa, 30 Juli 2013

Penelitian Buah Merah

Penelitian Buah merah pertama kali dilakukan oleh Drs. I Made Budi M.S dan timnya, beliau adalah seorang ahli gizi dan dosen universitas cendrawasih. Penelitian ini berlangsung di tahun 2004. Pada Awalnya sekitar tahun 1988, beliau meneliti tentang jamur yang ada di distrik kurulu, salah satu tempat yang disana ada mumi.


Namun begitu melihat bentuk buah merah yang unik, beliau tertarik dan melihat-lihat buah tersebut. Ketika itu penduduk wamena berkata kepada beliau kira-kira begini: "jika ingin sehat, makanlah buah ini (buah merah)."

Kemudian beliau meneliti buah tersebut untuk mengambil gelar master gizi masyarakat, Hingga akhirnya diketahui bahwa buah merah memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sejak itu buah merah menjadi sangat terkenal, banyak orang yang mencarinya bahkan dari jakarta ada yang datang untuk membeli buah merah.

Banyaknya permintaan buah merah membuat harga buah merah melambung tinggi, pada juli 2004 harga buah merah sekitar Rp. 50.000 per buah, sedang pada november 2004 melambung hingga Rp. 300.000 per buah.

Selain penelitian yang diawali oleh beliau, hingga kini telah banyak penelitian yang telah dilakukan oleh pihak lain. antara lain oleh Dr. Mappiratu (Universitas Tadulako, Palu), Prof. Dr. Lathifa Darusman, M. Si (Pusat Studi BioFarma, Institut Pertanian Bogor, dan masih banyak lagi.

Penelitian Buah Merah
Penelitian Buah Merah
Penelitian Buah Merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar